Friday, March 11, 2011

30 shades of dark blue

hari ini adalah hari terlaknat.
kenapa?
karen hari ini gw melaksanakan ujian perbaikan mengukir gigi, sesuai dengan jurusan gw yaitu kedokteran gigi jadi gw harus bisa ngukir gigi. tapi ukiran gigi gw hari ini kacau dan porak poranda, mungkin tahun depan gw harus ikut pphb lagi. karena itulah hari ini laknat.

sekarang gw udah aman dirumah, lagi tiduran di atas kasur lipat super tipis diatas lantai karena kamar gw sedang dipakai buat kakek nenek gw tidur, sambil mencoba menulis. akhir-akhir ini gw lagi getol banget nulis, terlebih dalam bahasa indonesia. nulis emang hobi gw dari kecil, apapun yang terjadi pasti gw selalu nulis. tapi karena kesibukan akhir-akhir ini menumpuk, hobi menulis itu pun jadi sedikit terlantar...
sampai akhirnya gw liat tweet temen gw, ratri, yang tiba-tibe mention gw dan bilang dia bakal bikin novel dan lagi finishing touch. entah kenapa, gw ngerasa kepanggil banget buat mengikuti jejaknya dia. selama ini gw nulis udah banyak banget cerita. temen-temen gw dari dulu selalu nyuruh gw untuk ngirim cerita gw ke penerbit. ada tiga alasan utama yang bikin gw selalu ga pernah mau ngirim naskah cerita gw.

  1. semua cerita gw itu tulisan tangan, rasanya males banget buat ngetik ulang semuanya.
  2. entah kenapa gw slalu ngerasa tulisan gw itu private, butuh gw waktu 4 tahun sebelum akhirnya berani ngepost cerita gw di livejournal/blog.
  3. semua tulisan gw dalam bahasa inggris, males banget buat translate semuanya (simply because i cant write in indonesia... seriously)
tapi karena teman gw satu ini niat banget sama novelnya, akhirnya gw pun iseng-iseng mencoba ngirim satu naskah novel kacangan gw ke salah satu penerbit buku yang lumayan terkenal... cuma dalam jangka waktu satu minggu, naskah gw dikembalikan dengan alasan yang sangat simple:

"naskah anda sangat bagus, tapi sayang sekali kami belum dapat menerima naskah berbahasa inggris maupun asing"

yang bikin mengenaskannya lagi, naskah gw itu kayak belum kesentuh sedikitpun. keliatan lecek abis dibaca aja nggak. jadi apa bener penghalang gw cuma karena bahasa aja? karena itulah sekarang gw getol getolnya nulis pakai bahasa indonesia... aneh banget rasanya, beneran deh gak bohong.

intinya... mudah-mudahan novel gw selesai cepet (kali ini dalam bahasa indonesia) dan diedit, dikirim, diterima, terbit. amin.

0 Shibbies:

Post a Comment